Album keluargaku

Album keluargaku

SEMUA KEPERLUAN MUSLIM ADA DISINI

Selasa, 23 September 2008

Sweet Hearth

Ada kala orangtua merasa tidak percaya ketika menyadari bahwa anak mereka tumbuh menjadi orang yang sangat memprihatinkan. Ia menjadi pembangkang dan bergaul dengan anak-anak lain yang perilakunya sungguh mengerikan, kasar, pemaksa, dan suka berbohong / menipu.
Situasi orangtua seperti di atas adalah sering kita temukan di lingkungan sekitar kita.
Orangtua banyak yang terlena dengan kesibukannya masing-masing sehingga mereka lupa pada kewajibannya yaitu mendidik dan membesarkan anak dengan baik. Akibatnya, anak menjadi korban, ia tumbuh menjadi dewasa tanpa merasakan adanya kedekatan dengan orangtuanya, anak tidak pernah mendapatkan arahan positif, dan ketegasan dari orangtuanya sehingga tumbuhlah pada diri anak perasaan bahwa keberadaannya tidak ada yang peduli, tidak ada orang yang mau memperhatikan dirinya, dan merasa bahwa dirinya tidak berharga.
Apabila di dalam diri anak sudah timbul perasaan seperti di atas maka kondisi anak menjadi sangat rentan. Besar kemungkinan anak akan mencari lingkungan yang dapat menerimanya, yang dapat memberikan perhatian kepadanya, dan lingkungan yang orang-orang di dalamnya selalu memberikan dukungan kepadanya, walaupun seringkali lingkungan tersebut adalah negatif.
Oleh karena itu, supaya anak tidak mudah terpengaruh oleh tekanan negatif dari teman sebayanya, maka anak harus memliki citra diri yang baik dan juga hubungan keluarga yang kuat. Semakin banyak orangtua melibatkan diri dengan anak, semakin anak ingin menyenangkan orangtua. Apabila identitas anak relatif baik, maka anak tidak akan tergantung pada temannya. Berikanlah selalu arahan, perhatian, dan dukungan kepada anak.
Dengan demikian, orangtua dapat segera mengantisipasi apabila anak mendapatkan tekanan negatif dari teman-temannya. Gambar ini saat liburan di TS2 tahun lalu, Ian,Audi,Nadira dengan Yayak & Tasya (Te child )


Awie - KK, 25 Sept ' 08

Tiada ulasan: